Ratusan Orang Berebut Ikut Pelatihan dan Peningkatan Keahlian Kerja Disnaker Batam

  • Share
Peserta pendaftaran Pelatihan tenaga kerja dibuka Disnaker Kota Batam

Batam (menaramedia.id) – Ratusan orang berebut ikut pelatihan dan peningkatan keahlian kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

Berdasarkan patuan sejak pagi kantor Disnaker Batam sudah ramai dikunjungi oleh para pendaftar. Pendaftar dibuka dari tanggal 22 – 27 Januari 2022. Setidaknya ada 270 orang yang telah mendaftar pada hari ketiga ini.

“Dari hari pertama pengumuman selalu ramai ini tadi pagi padat,” kata Devi salah satu petugas di lokasi Selasa 25 Januari 2022.

Ia juga mengatakan, kepada seluruh tenaga kerja yang ada di Batam agar memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Yang punya KTP Batam harus manfaatkan ini,” kata dia.

Salah satu calon peserta pelatihan Fatur (22) mengatakan, dirinya sudah sejak tadi pagi mengantri untuk bisa mendaftar pada pelatihan itu. Tujuannya agar memudahkannya pada saat pencarian kerja nanti.

“Sengaja ikut soalnya cari kerja susah. Mau dapatkan sertifikatnya aja,” kata Fatur.

Lulusan poltek Batam ini menyebut, saat ini mencari kerja di Kota Batam sangat sulit. Seluruh perusahaan saat ini memerlukan sertifikasi kompetensi untuk menerima karyawan.

“Susah sekarang cari kerja padahal orang Batam asli,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan pelatihan dibukan untuk dua kategori pertama untuk pencari kerja (Pencaker) dan peningkatan keahlian. Program ini merupakan bentuk manfaat dari dana Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA) yang setiap tahunnya.

Pendaftaran dibuka bagi 1.124 pekerja aktif di perusahaan untuk meningkatkan keahlian mereka.

Pekerja nanti harus melampirkan pas photo, surat bukti aktif bekerja dari perusahaan, belum pernah mengikuti pelatihan, serta mengisi pendaftaran di link https//:Disnaker.batam.go.id.

“Masih ada waktu pendaftaran, jadi saya minta pencaker bisa memanfaatkan kesempatan ini meningkatkan skill sebelum Bumasuk ke lingkungan kerja,” ujarnya.

  • Share