Peredaran Rokok Tanpa Cukai Tidak Terbendung Komisi I DPRD Kota Batam Upayakan RDP dengan Bea Cukai

  • Share

Batam-(menaramedia.id)-Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha SH, meyayangkan peredaran rokok tanpa cukai masih belum mampu dibendung oleh pihak Bea cukai di Batam.

“Kalau pengawasan belum maksimal, dipastikan peredaran rokok ilegal itu akan terus terjadi secara berkesinambungan dan  berulang-ulang,” kata Utusan, Jumat (21/01/2021)

Dalam pelaksanaan pengawasan ini, lanjut Utusan, semestinya Bae Cukai harus mandiri serta hsrus berkolaborasi dengan pihak-yang punya kewenangan untuk membasmi rokok ilegal ini.

“Dalam hal ini Bea Cukai diminta lebih serius mencermati persoalan ini, apakah itu dari sisi penyelidikan dan penyidikannya,” ujar Politisi Partai Hanura,

Utusan juga tidak melarang investasi di Batam, namun jika ada kegiatan bisnis yang menyalahi aturan, tentunya itu harus ditegakkan.

Jadi, kata Utusan untuk kebutuhan rokok tanpa cukai tersebut, silahkan diedarkan di luar Batam. Sebaliknya bukan diedarkan di kawasan Free Trade Zone ((FTZ) Kota  Batam.

“Kita berharap kepada Bea Cukai Batam untuk lebih memaksimalkan lagi sistem pengawasan terhadap peredaran rokon ilegal. Apabila aktivitas itu terus berlanjut, tentunya akan menjadi preseden buruk terhadap masyarakat,” pungkasnya.

Ditanya apakakah ada rencana Komisi I DPRD Batam memanggil untuk rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak Bea Cukai Batam.

Usalasan menyebut, tidak menutup kemungkinan pihaknya dalam waktu dekat melayangjan surat panggilan untuk rapat dengar pendapat dari pihak Bea Cukai,Tutup nya,(fjr)

  • Share