Pembubaran Dana Pensiun PT Persero Batam Merupakan Usul Pekerja

  • Share

Batam (menaramedia.id) – Ketua Pengurus Dana Pensiun PT Persero Batam Mahendra mengatakan, pembubaran dana Pensiun PT Persero Batam merupakan permintaan dari rekan pekerja.

Permintaan itu dilakukan lantaran tingkat pengembangan yang minim dan tidak ada lagi penambahan peserta. Sementara oprasional terus berjalan. Mahendra menjelaskan, pengembangan PT Persero saat ini hanya melalui Deposito perusahaan.

“Jadi udah permintaan dari peserta. Tidak ada lagi pengembangan dari mana-mana jadi kalau itu jalan kan tergerus dengan biaya,” kata Mahendra saat ditemui di kantornya di Batu Ampar, Selasa 25 Januari 2022.

Lanjut, kata dia pembubaran dana pensiun ini sudah berlangsung sejak Agustus 2021 tahun lalu. Namun, dikarenakan berkas-berkas belum lengkap sehingga pembubaran itu terealisasikan tahun ini.

Setidaknya ada 35 peserta yang mengajukan pengunduran diri. Katanya, tidak ada keluhan apapun dari pekerja terkait pembubaran dana pensiun itu.

“Sebelumnya pada bulan Agustus 2022 ada beberapa peserta yang mengajukan pengunduran diri 35 orang la sekarang tinggal 6 orang peserta. Kalau kita lanjutkan kan tergerus tidak ada pengembangannya kita ada kewajiban bayar iuran ke OJK terus pakai konsultan keuangan itu aja udah berat,” katanya.

Pembubaran Dana Pensiun itu juga diakuinya sudah melalui proses yang panjang. Para pekerja juga harus melengkapi syarat-syarat seperti surat permohonan bermatrai dan berkas lainnya.

“Jadi intinya dibubarkan atas persetujuan bersama begitu la intinya,” kata.

  • Share